Monday, October 10, 2011

Abtraksi Kubisme Ekspresionisme Nonobjektivisme Surealisme


×       Abstraksi
Pengertian :     Lukisan abstrak adalah lukisan atau gambar yang menganut nilai-nilai dimana bentuk diciptakan secara alamiah, tetapi dibentuk dan ditata kembali dengan sedemikan rupa sehingga keharmonisan dan ritmenya muncul.
Objek dan bentuk dipecah dalam seni ini dan membentuk komponen garis masing-masing, yang kemudian dipisah dan diletakkan dalam komposisi sesuai selera sang seniman.







×       Kubisme
                        Pengertian :     Kubisme memungkinkan seorang seniman memisahkan bidang-bidang dari suatu objek serta menatanya kembali dalam sebuah gambar sehingga terorganisasi dan memberikan kesan emosional dan struktual yang lebih murni daripada peampilan semual. ( Ide Fundamental kubisme dari Sheldon Cheney )
Kubisme tidak hanya merupakan usaha abstraksi yang meratakan dan menggeometriskan serta mengelompokkan kembali terhadap objek alam. Tapi, berusaha keras untuk memperlihatkan bidang belakang secara simultan dengan bidang depan, bisa sampai menggunakan transpirasi.
×  Ekspresionisme
                        Pengertian :     Aliran eksperionisme mencari inisiatif bentuk dan struktur. Aliran ini memanfaatkan distorsi keras untuk mengekspresikan perasaa emosi sang seniman secara keatif.
Para penganut eksprionisme ini memanfaatkan alam sebagai subyeknya. Dan eskprionisme sendiri lebih banyak menggambarkan tanggapan emosional seniman terhadap objek gambarnya.



×       Nonobjektivisme
                        Pengertian :     Nonobjektivisme adalah gaya dimana materi komposisi didasarkan pada bentuk-bentuk geometris dan nongeometris yang sering disebut dengan istilah bentuk bebas.
Bentuk ini tidak seperti bentuk alami ataupun objek yang mudah dikenali dengan garis hidup kreasinya sendiri. Bentuk ini juga memisahkan diri dari objek yang biasa kita lihat sehari-hari. Warna nilai gelap-terang (cahaya dan bayangan), serta tekstur banyak dimanfaatkan dalam melukis non objektif.



×       Surealisme
                        Pengertian :     Surealisme adalah simbolisme seni seperti yang diinterprestasikan oleh Fruedian (diambil dari teori Sigmud Frued).
Gaya surealisme sangat menonjolkan objek sehingga menjadi superrealisme. Terkadang menyerupai impian atau kesan horor.

No comments:

Post a Comment